Foto: Pembukaan Rapat Kerja Pleno Dokumen Akreditasi Program Studi. Rektor, Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P. (kiri) dan Ketua LPPPM, Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si (kanan)

 Atambua, Akreditasi Program Studi (APS) adalah penilaian oleh BAN-PT untuk menentukan kelayakan Program Studi berdasarkan instrument akreditasi. Setiap Program Studi diharapkan dapat menyusun dengan benar Instrumen Akreditasi Program Studi yaitu Laporan Evaluasi Diri (9 Kriteria) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) serta menyediakan dokumen bukti fisik sebagai pembuktian pada saat asesmen lapangan atau visitasi oleh asesor dari BAN-PT.

LPPPM Universitas Timor memfasilitasi 11 (sebelas) program studi di lingkungan Universitas Timor dalam Rapat Kerja Pleno Dokumen LED, LKPS dan Bukti Fisik Program Studi dengan tujuan, antara lain:

  1. Menindaklanjuti hasil workshop penyusunan dokumen akreditasi program studi yang telah dilaksanakan pada bulan Februari 2022.
  2. Presentasi dokumen akreditasi program studi sesuai dengan instrumen APS BAN-PT, LAMEMBA dan LAMDIK.
  3. Menyamakan persepsi dan pemahaman mengenai tahapan, proses akreditasi PS baik BAN PT dan LAM
  4. Menghasilkan dokumen final LED dan LKPS Akreditasi Program Studi
  5. Menetapkan Rencana Tindak Lanjut penyelesaian dokumen akreditasi 11 program studi di Universitas Timor
Foto: Suasana Rapat Kerja Pleno dokumen akreditasi setiap program studi

Kegiatan Rapat Kerja Pleno Dokumen LED, LKPS dan Bukti Fisik Program Studi ini berlangsung selama dua hari, yakni: Kamis, 12 Mei 2022 – Jumat, 13 Mei 2022 bertempat di Ballroom Hotel Matahari, Atambua.

Kegiatan Rapat Kerja Pleno ini dihadiri oleh Rektor Universitas Timor, Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P., para Wakil Rektor, Tim LPPPM Universitas Timor, para Dekan, Wakil Dekan I, Ketua Program Studi, Ketua dan Sekretaris Panitia Akreditasi Program Studi Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Negara.

Pada hari terakhir Rapat Kerja Pleno, Ketua LPPPM Universitas Timor, Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si, memaparkan hasil rekomendasi dan evaluasi progres penyelesaian dokumen akreditasi (LED dan LKPS) 11 program studi (baca: Hasil Pleno) dan pembahasan umum kegiatan dengan beberapa kesimpulan, yaitu:

  1. Persentase Progres Dokumen Akreditasi Program Studi FIP (85 %)
  2. Persentase Progres Dokumen Akreditasi Program Studi Faperta (80 %)
  3. Persentase Progres Dokumen Akreditasi Program Studi FISIP (75 %)
  4. Persentase Progres Dokumen Akreditasi Program Studi FEB (70 %)
Foto bersama seusai penutupan Rapat Kerja Pleno Dokumen Akreditasi Program Studi

Sebagai penutup pemaparan, Ketua LPPPM juga menetapkan rencana tindak lanjut kegiatan pleno dokumen akreditasi, sebagai berikut:

  1. Setiap program studi wajib menyelesaikan dokumen LKPS/DKPS dan LED/DED sampai tanggal 31 Mei 2022.
  2. Setiap program studi wajib menyerahkan dokumen akreditasi tersebut untuk dilakukan pengecekan plagiarisme/turnitin oleh LPPPM.
  3. Setiap program studi dapat melakukan perbaikan dokumen akreditasi setelah pengecekan plagiarisme/turnitin yang dilakukan oleh LPPPM pada pertengahan bulan Juni.(FNP)

Silahkan Tinggalkan Komentar