Kefamenanu, Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa agar dapat menguasai berbagai keilmuan yang diperoleh baik dari program studi serta Perguruan Tingginya maupun dari luar program studi maupun dari luar Perguruan Tingginya yang dapat digunakan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

Foto: Program studi dan Operator Mengintegrasikan Kurikulum MBKM ke SIAKAD cloud Unimor

Sistem pendidikan di Universitas Timor (Unimor) juga mengacu pada Kurikulum MBKM, sehingga perlu adanya wawasan atau edukasi bagaimana mata kuliah dapat dikonversikan ke dalam Kurikulum MBKM. Oleh karena itu perlu adanya pendampingan untuk mengintegrasikan kurikulum MBKM ke dalam Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Cloud Unimor agar dapat diakses oleh mahasiswa secara luas baik internal maupun external sehingga ke depan diharapkan banyak mahasiswa termotivasi untuk dapat mengambil mata kuliah di luar Program studi asal atau antar Perguruan Tinggi. Selain itu, terintegrasinya kurikulum MBKM dalam SIAKAD cloud Unimor juga bisa diakses oleh mitra baik dunia usaha, dunia industri maupun pemerintah. Tujuan kegiatan ini, antara lain: Menambah pengetahuan Program studi dalam me-mapping mata kuliah ke dalam kurikulum MBKM serta menambah pengetahuan Program studi dan Admin program studi dalam mengintegrasikan mata kuliah-mata kuliah ke dalam SIAKAD cloud Unimor.

Kegiatan pendampingan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Timor, Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P., sekaligus membuka secara resmi kegiatan, turut hadir Nara sumber Bapak Piter Ly, S.Pt yang berasal dari bagian kurikulum LP3M Universitas Nusa Cendana, Ketua LPPPM Universitas Timor Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si, Dekan Fakultas Pertanian, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, para Koordinator Program Studi, perwakilan Dosen Program studi, perwakilan Dosen dari Akademi Kebidanan, Bagian Akademik dan staf Operator SIAKAD cloud Unimor serta panitia pelaksana dari LP3M Universitas Timor.

Kegiatan pendampingan ini berlangsung selama tiga hari, yakni senin, 10 Oktober – Rabu, 12 Oktober 2022 bertempat di Aula Fakultas Pertanian Universitas Timor. Pada hari pertama, narasumber kegiatan Piter Ly, S.Pt membawakan materi mengenai Kurikulum MBKM  (Baca: Materi Kegiatan), sinkronisasi kurikulum MBKM dalam SIAKAD cloud serta presentasi kurikulum MBKM program studi Agribisnis dan Peternakan. Selanjutnya pada hari kedua program studi Agroteknologi, Matematika, Biologi, Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan dan dilanjutkan dengan diskusi serta pada hari terakhir diawali dengan sinkronisasi kurikulum ke dalam SIAKAD cloud dan pembahasan kurikulum MBKM program studi oleh narasumber.

Foto Bersama Seusai Kegiatan

Pada hari terakhir kegiatan, Ketua LP3M Unimor, Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si menegaskan bahwa Kurikulum MBKM mengharuskan mahasiswa dapat memprogram Mata kuliah di luar Program studinya atau di Perguruan Tinggi lainnya, sehingga Pendampingan Implementasi Kurikulum MBKM ini diharapkan dapat mengintegrasikan kurikulum MBKM ke dalam sistem SIAKAD Cloud Unimor. Matakuliah yang telah di-mapping oleh Program studi diharapkan segera disinkronisasikan ke dalam SIAKAD Cloud Unimor, oleh karena itu perlu adanya kerjasama antara admin Program studi dengan Operator SIAKAD Cloud Universitas. Sebagai penutup Ketua LP3M mengucapkan Terimasih kepada Bapak Piter Ly, S.Pt sebagai Narasumber yang telah berbagi Ilmu dan mendampingi kami dalam mengintegrasikan Kurikulum MBKM sebagai bentuk tindak lanjut dari PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara  LP3M Unimor dengan LP3M Undana. (FNP)

Silahkan Tinggalkan Komentar